Breaking News
Loading...

Sabtu, 03 Desember 2022

Haul Anregurutta ke-26: Ajang Memperkenalkan Ulama Nusantara di Negeri Kinanah


Sambutan Ketua Panitia Haul (Gambar: dok. Wawasan)

Wawasan, Kairo – “Selain untuk bersilaturahmi, Haul ini juga sebagai ajang saling bertukar ilmu dan informasi mengenai ulama kita (red— di Sulawesi)”, terang Ketua Panitia, Abdul Hasib pada acara penutupan Haul Anregurutta ke-26 pada Jumat (2/12) di Sekretariat IADI Mesir, Darrasah.

 

Atas dasar tujuan tersebut, panitia Haul tahun ini berinovasi menulis Manakib Gurutta, yaitu karya tulis berbahasa Arab tentang perjalanan hidup Anregurutta Ambo Dalle. Dalam wawancara bersama Hasib, ia menerangkan bahwa Manakib ini sebagai langkah awal untuk memperkenalkan para ulama dari Sulawesi kepada kaum intelektual yang berada di Mesir.

 

Selain penulisan Manakib, program Haul ini terdiri dari beberapa agenda acara dan kegiatan yang berlangsung selama sepuluh hari berturut-turut, sejak Selasa (22/11) hingga Jumat (1/12). Adapun rangkaian agenda tersebut secara garis besar terbagi menjadi beberapa segmen.

 

Diawali dengan sesi silaturahmi daring yang dihadiri oleh para murid Anregurutta dari seluruh daerah. Kemudian berlanjut dengan kajian bersama Syekh Hidayat di Baruga KKS Mesir. Lalu ditutup dengan rangkaian lomba dan pertandingan antar almamater di Mesir.

 

Acara peringatan Haul Anregurutta ke-26 ini memperoleh apresiasi dari Ketua Pengurus Besar Darud Da’wah wal-Irsyad (PB DDI). Kegiatan ini merupakan agenda besar almamater Ikatan Alumni Darud Da’wah wal-Irsyad (IADI) Mesir yang bertujuan utama sebagai wadah silaturahmi, memperkenalkan dan menyegarkan ingatan tentang ulama dulu dari Sulawesi.

 

Hiburan (Gambar: dok. Wawasan)

Pada penutupan Haul, pihak penyelenggara merangkaian sambutan-sambutan,  pengumuman juara serta acara Takrim Mutafawwiqin wa Mutakharrijin anggota IADI Mesir. Lalu diakhiri dengan acara hiburan dan makan bersama.

 

Reporter: Afriadi Ramadhan

Editor: Annisa Rahma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar