Breaking News
Loading...

Rabu, 16 Desember 2020

Bahas Persaudaraan dalam Kemanusiaan, Sekjen Al-Azhar Sampaikan Nasihat kepada Pelajar Asing

 

Multaqa' Al-Ukhuwwah Al-Insâniyyah (Gambar: dok. Wawasan)

Wawasan, Kairo- Sekertaris Jenderal al-Azhar, Prof. Dr. Nazhir ‘Iyyad menyampaikan beberapa pandangan tentang moderasi Islam dan beberapa nasihat kepada para pelajar asing pada  acara Pertemuan Bahas Persaudaraan dalam Kemanusiaan (Multaqa' Al-Ukhuwwah Al-Insâniyyah) yang diadakan oleh al-Azhar al-Syarif di Madinah al-Bu'uts pada Selasa, (15/12).

 

Ia menyampaikan, dalam Al-Quran ada dua hal yang perlu diperhatikan; Pertama, agama orang lain adalah urusan mereka. Ini bisa ditemukan dalam surah al-Kâfirûn. Kedua, kita tidak boleh memaksa orang lain untuk memeluk agama kita juga ditemukan dalam surah al-Baqarah. Beliau menyebutkan kalau dua hal ini adalah sesuatu yang fundamental dalam agama islam.

 

“Para pelajar itu sudah jauh-jauh meninggalkan kampung halaman demi ilmu dan al-Azhar, maka dari itu para pelajar kalau pulang nanti, mereka harus membawakan pemahaman Islam moderat yang diajarkan oleh al-Azhar” pungkas Prof. Dr. Nazhir ‘Iyyad.

 

Sekjen al-Azhar itu juga menambahkan, orang-orang muslim adalah saudara dalam hal keimanan dan kemanusiaan. Sedangkan, orang non-muslim adalah saudara dalam hal kemanusiaan. (Said Anwar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar