Breaking News
Loading...

Kamis, 29 Oktober 2020

Sebanyak 63 Lulusan Tidak Ikut Wisuda PPMI Mesir, KUAI KBRI Kairo: Ikut Wisuda Hukumnya Wajib

 

Drs. H. M. Aji Surya, S.H., M.Si. (Gambar: Instagram @ajimoscovic)

Wawasan, Kairo- Berdasarkan data dari Panitia Wisuda PPMI Mesir tahun 2020, lulusan mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Azhar Kairo tahun ini berjumlah 233 orang, sementara yang mengikuti Wisuda PPMI Mesir pada Selasa, (27/10) hanya 170 mahasiswa. Jika dihitung, ada sebanyak 63 lulusan yang tidak mengikuti acara wisuda tersebut.

“Mengikuti Ceremony Wisuda itu hukumnya adalah wajib. Bagaimana kita tidak merayakan kesyukuran tatkala Allah berikan karunia yang besar ini?” ungkap Drs. H. M. Aji Surya, S.H., M.Si., Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Kairo dalam sambutannya di acara wisuda tersebut.

Selain itu, Wisuda PPMI Mesir kali ini berbeda dengan  tahun sebelumnya. Melansir dari ppmimesir.id, wisuda tahun sebelumnya diikuti oleh berbagai negara, seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Pakistan, India, Kazakhstan, Nepal, Spanyol, Djibouti, Afghanistan, Rusia, China, dan Kamboja, sedang tahun ini hanya diikuti oleh mahasiswa Indonesia saja.

Wisuda PPMI 2020 (Gambar: Dok. Wawasan)

Ada pun untuk pesertanya sendiri berasal dari berbagai Kekeluargaan Nusantara yang berbeda-beda. Berdasarkan data yang panitia tampilkan lewat proyektor di acara wisuda 2020 tersebut, beberapa data para peserta di antaranya, yaitu: FOSGAMA 8 orang, GAMAJATIM 17 orang, HMMSU 10 orang, IKMAL 2 orang, KEMASS 9 orang, KKS  3 orang, KMA 7 orang, KMB 8 orang, KMJ 7 orang, KMKM 8 orang, KMM 12 orang, KMNTB 5 orang, KPJ 17 orang, KSMR 16 orang, KSW 24 orang.

Wisuda PPMI Mesir merupakan acara wisuda yang pertama kali diselenggarakan di KBRI Kairo, dengan membaginya menjadi 4 kloter bergantian memasuki lokasi acara. Acara Wisuda yang diselenggarakan oleh PPMI Mesir dan didukung oleh KBRI Kairo itu diikuti oleh lulusan program sarjana sebanyak 168 orang, program magister 1 orang, dan program doktoral 1 orang. (Arman)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar