Breaking News
Loading...

Minggu, 08 Maret 2020

Wawancara Khusus: Mengintip Persiapan Peringatan HUT KKS ke-43


Logo HUT KKS ke-43. Oleh: Media Center of HUT KKS 43

Wawasan, Kairo- Menjelang Hari Jadi Kerukunan Keluarga Sulawesi (KKS) Mesir yang ke-43 tanggal 17 April mendatang, Dewan Pengurus (DP) KKS Mesir membentuk susunan panitia Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) KKS ke-43.
Mengenai konsep acara beserta persiapannya, kru Wawasan berhasil mewawancarai Ketua Panitia HUT KKS ke-43, Muhammad Syahran Hidayat. Berikut hasil wawancara tersebut:

Apa tema acara HUT KKS ke-43?
Untuk tema acara kali ini adalah “Torang Samua Basodara” (Kita semua adalah saudara, red)  yang merupakan semboyan Anak Timur. Namun dalam pemaknaannya, semboyan tersebut tidak hanya mencakup daerah timur Indonesia saja, tetapi seluruh Nusantara. Nah, ini merupakan tema umum. Adapun untuk malam puncak, kami kembali mengangkat tema “Pentas Anak Timur vol. II”.

Apa saja rangkaian acaranya?
Insyaallah, untuk pra HUT akan dimulai pada tanggal 18-23 Maret dengan KKS Competition yang melibatkan Kekeluargaan Nusantara. Di dalamnya akan ada berbagai perlombaan Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) 5 & 10 juz, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Stand Up Comedy, dan Cipta Puisi. Adapun untuk pertandingan olahraga, meliputi Voli Putra, Tenis Meja Ganda Putra, Bulutangkis Ganda Putri, dan Rubik Putri.

Untuk warga KKS sendiri, kami mengadakan Celebes Day Akbar yang merupakan ajang silaturahmi antar warga KKS di Mesir. Acara ini dilakukan outdoor dengan berbagai permainan tradisional di dalamnya. Tak ketinggalan pertandingan futsal khusus untuk warga KKS.

Kemudian rangkaian acara akan ditutup dengan Pentas Anak Timur vol. II yang akan diselenggarakan insyaallah tanggal 11 April 2020 di American Future School.

Dengan rangkaian acara yang begitu banyak, berapa jumlah panitia yang dibutuhkan dalam pelaksanaan acara ini?
Berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh DP KKS Mesir, alhamdulillah kepanitian ini berjumlah 74 orang yang meliputi Ketua Umum yaitu saya sendiri, Sekretaris, Bendahara. Di bawahnya ada Deputi 1 bidang Perlombaan dan Pertandingan yang diketuai oleh Muhammad Fadly Ali, deputi ini mengurusi acara Pra HUT. Sedangkan Deputi 2 bidang Acara dan Pementasan diketuai oleh Zulkifli  Abd. Rahim, berfokus kepada malam puncak HUT KKS ke-43, mulai dari prosedur penampilan hingga konsep panggung.

Kemudian ada bagian-bagian lain, seperti Hubungan Masyarakat (Humas), Dekorasi, Perlengkapan, dan Media Center.

Untuk konsep Pentas Anak Timur vol. II, apakah ada yang berbeda dari tahun kemarin?
Nah, untuk tahun ini sebenarnya kami telah mengonsep ajang “KKS Mencari Bakat”. Kami memberikan kesempatan bagi setiap warga KKS yang ingin mempersembahkan penampilan untuk KKS, baik individu maupun berkelompok. Selanjutnya, para peserta ajang ini akan dilatih dan dimatangkan penampilannya sebelum tampil di malam puncak Pentas Anak Timur vol. II.

Namun, rupanya konsep ini belum bisa diterapkan di KKS. Buktinya, hingga hari kontes dijadwalkan untuk diselenggarakan, tidak ada satu pun peserta yang mendaftar. Hal ini membuat kami harus melaksanakan plan B, mirip seperti tahun kemarin, panitia yang menentukan kategori penampilan yang akan ditampilkan di Pentas Anak Timur vol. II.

Tahun ini kita berusaha untuk memadukan antara budaya dan modern. Tentunya ada yang berbeda dengan penampilan-penampilan tahun sebelumnya, diantaranya akan ada penampilan akrobatik dan special performance Funky Papua.

Adapun untuk penampilan drama, kami akan lebih memanfaatkan media, seperti video dan properti lainnya.

Insyaallah, kita juga akan adakan bazaar yang diisi stand-stand makanan khas daerah di malam puncak, pertandingan, dan Celebes Day Akbar.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk persiapan penampilan Pentas Anak Timur vol. II?
Insyaallah, kami sudah mulai latihan dari bulan Maret ini. Sekitar sebulanan, lah.

Untuk KKS Award, apakah ada nominasi yang berbeda dari tahun sebelumnya?
Selain penghargaan untuk DP dan Badan Otonom (BO) terbaik, tahun ini akan ada pula penghargaan Anggota & Anggoti of The Year dan Nobel Perdamaian, kriterianya adalah anggota KKS yang mengharumkan nama KKS di dunia Masisir.   

Dengan rentetan kegiatan yang terhitung banyak dan cukup besar, berapa kisaran dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaannya?
Mengacu pada proposal kegiatan yang kami buat, biaya yang dibutuhkan untuk seluruh kegiatan adalah sekitar 40 jutaan atau lebih dari 2.500 USD.

Apa pesan yang ingin panitia sampaikan untuk warga KKS?
Kami mengharap kontribusi dan partisipasi dari seluruh warga KKS dalam seluruh rangkaian acara Peringatan HUT KKS ke-43 dan tentunya mohon doa agar kegiatan ini bisa berlangsung dengan sukses. Terima kasih. (Intan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar