Breaking News
Loading...

Senin, 19 Maret 2018

Selesai Tahap Pengujian, Tesis Mahasiswa Fakultas Lughah Ini Kembali Dibedah



Wawasan, Kairo- Ahad (18/3/18) kemarin, KSW (Kelompok Studi Walisongo) mengadakan bedah tesis di Aula Griya Jawa Tengah, Hayy Asyir. Tesis yang menjadi pembahasan cukup menarik dan mendapat sorotan dari banyak pihak, karena meneliti literatur dari Bumi Nusantara yang jarang dilakukan oleh Mahasiswa Timur Tengah.


Sontak hal tersebut langsung mendapat pujian dari Ustaz Arif Wardani Lc. M. Hum., al-hafiz selaku pembedah tesis.

"Ini sebuah kebanggaan tersendiri untuk memperkenalkan dan menggali kitab-kitab turats Nusantara, yang tentunya banyak sekali faidah yang bisa kita dapatkan". Kata Pimpinan Maquura Abbas al-Akkad tersebut.

Tak hanya itu, pembedah tesis juga menyampaikan nasehat terkait penulis buku yang begitu luar biasa, sehingga mampu mengarang buku berbahasa Arab, meskipun tidak pernah menempuh jenjang pendidikan di Negeri Arab.

"Meski kitab ini ditulis oleh seorang ulama yang tidak pernah ke Negeri Arab. Tapi uslub bahasa yang digunakan oleh penulis seakan-akan beliau pernah tinggal lama di komunitas Arab. Dan ini menjadi tamparan keras bagi kita semua yang notabene mahasiswa Mesir yang sehari-hari bersosialisasi dengan orang Arab". terang Ustaz Arif menambahkan.

Buku yang berjudul Faidhul Barakat fi Sab’il Qiro’at karya KH. Muhammad Arwani Amin Said al-Qudsi, merupakan buku yang ditahqiq dalam penelitian tesis Magister oleh Gus KH. Agus Salim dan selesai diuji beberapa waktu lalu di Fakultas Bahasa Arab Universitas al-Azhar, Kairo.

"Kitab ini merupakan kitab pertama di dunia yang mengumpulkan semua qiraat dari al-Fatihah sampai al-Nas". Kata Ust M. Agus Salim, Lc., MA. di tengah-tengah penyampaian materinya.

Reporter: Ahmad Syahrul Syukur
Editor: M. Arizal A.