Breaking News
Loading...

Minggu, 18 Maret 2018

HHQ Wadah Baru Insan Qur’ani


(Foto Para Anggota HHQ dengan Syekh Ridwan)
Wawasan, Kairo- HHQ (Haiatul Huffadz Wal Qurra’) yang bermarkas di Bld.4b, flat 06, El-said bld, Kattameya, New Cairo. Masih terbilang komunitas baru dari berbagai komunitas mahasiswa yang ada di Mesir. Sesuai namanya, Haiatul Huffadz Wal Qurra yang berarti Markaz Para Penghafal dan Qari, maka tujuan HHQ sebagai wadah untuk mencetak Hafiz/Qari al-Qur’an.

Status HHQ sendiri merupakan perpanjangan dari HHQ yang ada di Pondok Pesantren Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Mangkoso. Dan anggotanya hampir dari alumni DDI Mangkoso.

Meski belum genap setahun. Namun, kegiatan-kegiatan yang dilakukan HHQ terbilang cukup banyak.

“Setoran hafalan bersanad mingguan minimal 2 rubu' (kurang lebih dua lembar) dan boleh lebih sesuai kemampuan. Dihadapkan pada Syekh Ridwan. Syekh Ridwan sendiri adalah Dosen Fakultas Al-Qur'an di Tanta, Mesir. Setoran bersanad ini dilaksanakan di Asrama Anwarul Mustafa Muqattam. Selain itu Ada daurah tahsin setiap pekannya sebelum disetorkan”. Pungkas Muhammad Yusuf, Selaku ketua HHQ ketika diwawancara oleh kru wawasan.

Yusuf Juga menambahkan, “Kalau untuk materi Daurah Tahsin kita pakai Matan dan Syarah Tuhfah Athfal dan Jazariyah. Untuk Qiraah kita pakai Matan dan Syarah Syatibiyah”. Kata Alumni Tafsir al-Azhar ini.

Harapan Yusuf yang kini juga sedang sibuk untuk melanjutkan program S2 di Universitas al-Azhar zhar. Bahwa tujuan dari dibentuknya komunitas ini untuk saling membantu dalam mengulang hafalan bagi yang sudah khatam sampai mutqin. Kita tidak menginginkan hafiz ketika pulang ke tanah air hafalannya tertinggal di Mesir. fenomena ini banyak kami dengar dari para senior yang lebih dahulu dari kami.

“Sesibuk apapun kita luangkanlah waktu untuk tilawah al-Qur'an setiap harinya walau 5 menit karena disitulah salah satu letak waktu yg berkah dalam kehidupan kita”. Tegas Muhammad Yusuf Patang, Lc.

Redaktur: Ahmad Syahrul Syukur

Editor: M.Arizal A.